Friday, March 13, 2020

Disiplin Ilmu Yang Membantu Perkembangan Ilmu Hukum Indonesia

Disiplin Ilmu Yang Membantu Perkembangan Ilmu Hukum Indonesia


Adapun disiplin ilmu yg membantu perkembangan ilmu hukum indonesia, antara lain sebagai berikut:
  1. Sejarah Hukum | Sejarah hukum merupakan salah satu bidang studi hukum yg mempelajari perkembangan dan asal-usul sistem hukum dalam masyarakat tertentu dan memperbandingkan antara hukum yg berbeda karena dibatasi waktu yg berbeda pula.
  2. Politik Hukum | Politik hukum adalah salah satu bidang studo hukum yg kegiatannya memilih atau menentukkan hukum yg sesuai dengan tujuan yg hendak dicapai oleh masyarakat.
  3. Perkembangan Hukum | Perkembangan Hukum adalah salah satu bidang studi hukum yg mempelajari dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dua atau lebih sistem hukum, baik antarnegara maupun dalam negara.
  4. Antropologi Hukum | Antropologi hukum adalah salah satu bidang studi hukum yg mempelajari pola-pola sengketa penyelesaiannya dalam masyarakat sederhana ataupun masyarakat yg mengalami proses modernisasi.
  5. Filsafat Hukum | Filsafat hukum adalah salah satu cabang filsafat yg mempelajari hakikat dr hukum. Objek dari filsafat hukum adalah hukum yg dikaji secara mendalam.
  6. Sosiologi Hukum | Sosiologi hukum adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yg secara analitis dan empiris mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dan gejala sosial lainnya.
  7. Psikologi Hukum | Psikologi hukum adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yg mempelajari hukum sebagai perwujudan jiwa manusia.
  8. Ilmu Hukum Positif | Ilmu hukum positif adalah ilmu yg mempelajari hukum sebagai suatu kenyataan yg hidup dan berlaku pada waktu sekarang.
--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Demikianlah Disiplin Ilmu Yang Membantu Perkembangan Ilmu Hukum Indonesia

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Disiplin Ilmu Yang Membantu Perkembangan Ilmu Hukum Indonesia" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "PENGANTAR HUKUM INDONESIA - Sejarah dan Pokok-Pokok Hukum Indonesia" penulis. Prof. Dr. Hj. Neni Sri Imaniyati, S.H., M.H. dan Panji Adam, S.Sy., M.H., editor. Prof. H. Dikdik M. Sodik, S.H., M.H., Ph.D. dan Prof. Dr. Nandang Sambas, S.H., M.H., dan Dessy Marliani Listianingsih, Cetakan ke-2, Penerbit. Sinar Grafika, Jakarta, 2019. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Disiplin Ilmu Yang Membantu Perkembangan Ilmu Hukum Indonesia" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih