Monday, July 24, 2017

Pondasi Di Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif

Image Background provided by Facebook

Sebuah komunikasi yg terjadi di antara komunikator dan komunikan tentu saja tidak selamanya berjalan dengan lancar dan efektif, tetapi terkadang dapat menimbulkan kekeliruan atau kesalahpahaman di antara keduanya. Hal di atas mengindikasikan bahwa terdapat faktor atau hal yg mendasari atas suatu komunikasi yg terbilang lancar dan efektif. Adapun faktor atau hal yg mendasarinya terletak pada field of experience (perbedaan wawasan, budaya, ilmu pengetahuan, dan pengalamannya). 

Dengan adanya kesamaan field of experience di antara komunikator dan komunikan, menjadikan komunikasi lebih efektif dikarenakan pesan atau informasi yg disampaikan dapat diterima dan dicerna secara cepat oleh komunikan, sehingga tidak mengalami delayed atau keterlambatan dalam merespon dan membalas pesan (feedback). Hal ini berbanding terbalik dengan komunikator dan komunikan yg memiliki perbedaan field of experience, yg sudah dapat dipastikan bahwa komunikasi yg coba dijalin di antara keduanya tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. 

Namun meskipun demikian, komunikasi yg efektif bisa muncul secara ajaib di antara keduanya, apabila sang komunikator dan komunikan saling memiliki rasa empathy untuk saling bersabar dan menjelaskan hal-hal yg tidak dimengerti oleh pasangannya, sehingga komunikasi yg efektifpun agar segera terwujud meskipun secara perlahan.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Pondasi Di Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Pondasi Di Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih