Wednesday, July 5, 2017

Peranan Penting Diksi Dalam Membuat Karya Tulis

Image Background provided by Facebook

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi memiliki arti sebagai pilihan kata yg tepat dan selaras (dl penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (spt yg diharapkan). Penggunaan diksi yg baik dan tepat akan menghasilkan tulisan yang ekspresif, memiliki arti yg kuat serta dapat menggetarkan atau menarik hati para pembacanya. Oleh sebab itu, diksi sangat perlu diperhatikan oleh para penyair puisi dalam membuat puisi yang menyentuh hati pembacanya.

Namun diksipun tidak hanya berlaku pada puisi saja, tetapi juga berperan penting dalam membuat karya tulis lain seperti artikel, reportase, atau prosa dan lain sebagainya sehingga tidak menampilkan kata-kata yg membosankan dan membuat jenuh para pembacanya. Maka dari itu sangat perlu bagi para penulis dan sastrawan lainnya agar giat membaca dan membaca demi memperkaya kosakatanya dan menghasilkan karya tulis yg magnificent.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Peranan Penting Diksi Dalam Membuat Karya Tulis" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Peranan Penting Diksi Dalam Membuat Karya Tulis" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

1 comment:

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih