Thursday, July 6, 2017

Pengkategorian Tokoh Dalam Karya Novel

Image Background provided by Facebook

Tokoh dalam novel merupakan elemen terpenting yang membentuk cerita dalam novel serta dibungkus dengan berbagai macam sifat, watak, dan perawakan yang akan membuat cerita semakin hidup dan membuat terkesan para pembaca. Adapun pembagian kategorinya adalah sebagai berikut:
  1. Tokoh Protagonis; berupa tokoh utama berkelakuan baik, positif, dan dominan, serta segala perbuatannya dianggap baik dan benar menurut cerita.
  2. Tokoh Antagonis; berupa tokoh utama berkelakuan jahat, kejam, dan buruk, serta segala sesuatu yg dilakukannya dinilai salah dan tidak benar menurut cerita, juga bertentangan (konflik) dengan tokoh protagonis.
  3. Tokoh Statis; berupa sekedar tokoh pendukung yg dimana sifat dan wataknya tetap sama dari awal sampai akhir cerita, serta tidak menampakkan dinamika tertentu dan tetap monoton.
  4. Tokoh Dinamis; berupa tokoh yg mengalami perkembangan karakter dalam cerita, yg bisa mengalami kemajuan atau kemunduran serta berubah sifat, watak, dan perawakannya.
Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Pengkategorian Tokoh Dalam Karya Novel" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Lihat Semua Artikel Disini

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Pengkategorian Tokoh Dalam Karya Novel" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih