Tuesday, July 11, 2017

Penggunaan Metode KISS Pada Karya Jurnalistik Reportase

Image Background provided by Facebook
       
Di dalam membuat sebuah reportase yg baik dan berkualitas, tentu harus menggunakan bahasa yg informatif dan komunikatif, sehingga reportase yg dibuat dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh para audience-nya. Untuk mencapai hal diatas, penggunaan metode KISS atau yg memiliki kepanjangan Keep It Short and Simple sangat perlu untuk diterapkan. Hal ini bertujuan agar reportase yg telah berhasil dibuat tidak membawa kesan bahwa informasi yg disajikan begitu bertele-tele atau berputar-putar dan membuat bingung para pembacanya. Singkat, padat dan jelas, itulah slogan atau motto yg harus dijunjung oleh para jurnalis atau wartawan dalam menyajikan beritanya.          
Sebuah kesalahan, kekeliruan, dan ketidakjelasan dalam menerima informasi yg didapat oleh para audience dari berita atau reportase yg mereka dengar atau baca, sudah pasti akan menimbulkan kegaduan dan gejolak di masyarakat, apalagi jika informasi yg dibawakan tergolong penting dan sangat krusial. Oleh sebab itu, penggunaan metode KISS pada karya jurnalistik reportase dan lain sebagainya, sangat cocok untuk diterapkan dan diaplikasikan oleh para jurnalis dan wartawan sekalian.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Penggunaan Metode KISS Pada Karya Jurnalistik Reportase" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Penggunaan Metode KISS Pada Karya Jurnalistik Reportase" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih