Thursday, July 27, 2017

Mengulas Sifat-Sifat Keindahan Suatu Bahasa Menurut Aristoteles

Image Background provided by Facebook

Suatu bahasa selain berguna sebagai media di dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan eksplikasi, ternyata juga memiliki aspek estetik atau keindahan bahasa yg dapat mempengaruhi pikiran dan emosi audience-nya.

Seorang ahli dan ilmuwan terkenal asal Yunani bernama Aristoteles, memberikan sedikit buah dari hasil pemikiran dan penalarannya mengenai sifat-sifat yg musti terkandung di dalam keindahan suatu bahasa. Adapun sifat-sifat yg dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Corrective; yakni bersifat mengoreksi dan membenarkan sesuatu hal yg masih terdapat kekeliruan dan kesalahan makna pada kata atau kalimat, serta memperbaiki kalimat yg masih rancu atau berantakan dengan mentranformasinya ke dalam bahasa yg lebih indah dan lebih berkesan.
  2. Instructive; yakni bahasa yg digunakan bersifat membangun atau memiliki kualitas dan bobot tulisan yg dapat dijadikan petunjuk dan panduan di dalam mengembangkan dan memajukan berbagai bidang dan aspek dalam kehidupan.
  3. Suggestive: yakni bersifat sugesti atau menanamkan saran-saran atau ideologi-ideologi tertentu, yg dapat mempengaruhi dan menggerakkan hati seseorang ke arah yg disugestikan.
  4. Defensive; yakni bahasa yg dimaksud dapat digunakan untuk mempertahankan dan membela diri terhadap serangan apapun baik fisik maupun nonfisik atas tuduhan, sanggahan, ataupun kritikan. Sehingga bahasa yg dilontarkan suatu ketika dapat melindungi diri sendiri atau individu lain.
Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Mengulas Sifat-Sifat Keindahan Suatu Bahasa Menurut Aristoteles" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Mengulas Sifat-Sifat Keindahan Suatu Bahasa Menurut Aristoteles" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih