Sunday, July 16, 2017

Memahami Pembagian Editor dan Tugasnya

Image Background provided by Facebook

Di dalam suatu perusahaan penerbit atau media massa seperti koran, majalah, dan lain sebagainya. Posisi editor tidak hanya diduduki oleh satu orang saja, melainkan terdiri dari beberapa bagian dan jabatan yg berbeda-beda. Menurut struktur kerjanya editor dibagi menjadi 6 bagian, antara lain:
  1. Chief Editor, bertugas untuk mengontrol dan mengawasi kinerja dari editor bawahannya, serta memeriksa, menetapkan dan menyetujui hasil akhir dari suatu tulisan yg akan diterbitkan.
  2. Managing Editor, bertugas untuk melakukan pembagian tugas kepada editor di bawahnya, agar bekerja sesuai dengan bidang dan keahliannya, serta mengatur pelaksanaan editing dari awal hingga akhir.
  3. Senior Editor, dapat bertugas sebagai pengganti Chief Editor dan Managing Editor apabila yg bersangkutan tidak hadir atau berhalangan masuk. Serta merencanakan proses editing, melakukan kontak dengan penulis, dan lain sebagainya.
  4. Assistant Editor, bertugas untuk membantu editor maupun senior editor sesuai dengan keperluannya.
  5. Right Editor, bertugas untuk mengurus hal yg berkaitan dengan hak cipta, nomor ISBN, dan berbagai perizinan lain yg dibutuhkan.
  6. Picture Editor, bertugas untuk mengurus hal yg berhubungan dengan gambar atau foto yg akan dipajang di tulisan. Serta dapat menjadi pendukung bagi yg lainnya.
Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Memahami Pembagian Editor dan Tugasnya" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Memahami Pembagian Editor dan Tugasnya" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih