Friday, July 14, 2017

Etika Dalam Menyusun Berita atau Reportase

Image Background provided by Facebook

Berita atau Reportase yg telah dibuat dan diberitakan ke publik, jelas memiliki aturan dan etika dalam menyajikannya sehingga sampai ke telinga para pendengar. Meskipun sudah jelas bahwa kini para wartawan dan jurnalis memiliki yg namanya 'kebebasan' pers. Namun para wartawan dan jurnalis harus menerapkan dan membudayakan etika yg baik dan benar dalam menyuguhkan berita-beritanya. Salah satunya yaitu dengan mempersembahkan berita yg fair atau adil, dimana berita yg dimaksud tidak hanya melebih-lebihkan dan menyenangkan satu pihak saja, sedangkan di sisi lain ia menjelek-jelekkan dan menyindir pihak lain.

Selain itu, berita yg dibuatpun harus berlandaskan kejujuran dan keaktualism, yg dimana seluruh keterangan-keterangan dari narasumber tidak boleh dimodifikasi sehingga tidak menciptakan multi tafsir dari para audience-nya serta berita yg dibuatpun harus sesuai dengan kenyataan yg sebenarnya terjadi di lokasi atau di tempat kejadian perkara.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Etika Dalam Menyusun Berita atau Reportase" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Etika Dalam Menyusun Berita atau Reportase" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih