Sunday, June 25, 2017

Menata Latar/Setting Dalam Membuat Novel

Image Background provided by Facebook

Latar atau Setting pada Novel, terbagi menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Pembuatan atau penataan setting dapat dengan bebas disajikan oleh penulis sesuai dengan imajinasi yg ia peroleh. Akan tetapi, penggunaan setting yg berdasar atau mencontoh dari kehidupan nyata (real world) akan sangat menarik bagi para pembaca seakan-akan mereka melakukan tamasya hanya dari membaca Novel yg ia pegang. Penggabungan atau percampuran keduanya antara setting buatan dengan setting nyata akan menghasilkan pengalaman yg mendebarkan menjelajahi dunia nyata dan dunia fantasi.

Agar lebih mendalami didalam mendeskripsikan latar atau setting, ada baiknya jika penulis berkunjung atau tinggal di lokasi yg maksud selama periode tertentu, akan tetapi meskipun tanpa berkunjung atau melihat langsung lokasi yg dimaksud, kita masih dapat gambaran jelas mengenai setting yg kita cari dengan membaca buku atau referensi lain yg berkaitan dengan setting yg akan diambil. Dan tentu saja, langkah selanjutnya jikalau sudah mendapat inspirasi atau gambaran jelasnya adalah menulis dan merevisi, serta jangan lupa untuk mengevaluasi dan mengeditnya dengan baik dan rapi. Selamat menulis.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Menata Latar/Setting Dalam Membuat Novel" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Menata Latar/Setting Dalam Membuat Novel" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih