Friday, March 13, 2020

Tujuan Mempelajari Sejarah Hukum

Tujuan Mempelajari Sejarah Hukum


Mempelajari sejarah banyak kegunaannya dalam kehidupan sekarang atau untuk masa yg akan datang. Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yg akan datang. Pengalaman suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yg bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini.

Tujuan mempelajari sejarah hukum adalah untuk mengetahui latar belakang lahirnya dan perkembangan tata hukum di Indonesia, termasuk faktor-faktor yg mempengaruhinya dan langkah-langkah yg dilakukan untuk membangun tata hukum Indonesia. Dengan mempelajari sejarah hukum, dapat diketahui kelemahan-kelemahan dan keunggulan hukum yg pernah berlaku. Hal ini diperlukan dikarenakan hukum masa lalu memberi andil atau pengaruh terhadap hukum saat ini. Demikian halnya, hukum yg berlaku saat ini mempengaruhi hukum yg akan datang. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Demikianlah Tujuan Mempelajari Sejarah Hukum

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Tujuan Mempelajari Sejarah Hukum" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "PENGANTAR HUKUM INDONESIA - Sejarah dan Pokok-Pokok Hukum Indonesia" penulis. Prof. Dr. Hj. Neni Sri Imaniyati, S.H., M.H. dan Panji Adam, S.Sy., M.H., editor. Prof. H. Dikdik M. Sodik, S.H., M.H., Ph.D. dan Prof. Dr. Nandang Sambas, S.H., M.H., dan Dessy Marliani Listianingsih, Cetakan ke-2, Penerbit. Sinar Grafika, Jakarta, 2019. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Tujuan Mempelajari Sejarah Hukum" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih