Saturday, January 2, 2021

Hukum Yg Berlaku Di Indonesia pada Masa VOC dari tahun 1602 sampai 1799


Hukum Yg Berlaku Di Indonesia pada Masa VOC dari tahun 1602 sampai 1799


Ketika Veronige Oost Compagnie atau yg lebih dikenal dengan sebutan VOC, yg merupakan perusahaan dagang asal Negeri Belanda yg melakukan perdagangan di Indonesia, maka hukum yg berlaku bagi orang-orang Belanda yg berada di pusat-pusat dagang VOC adalah hukum tuchtrecht atau hukum disiplin. Adapun hukum ini terbentuk dari Hukum Belanda Kuno dan asas-asas hukum Romawi. Selain itu, VOC jg diberi hak-hak istimewa oleh pemerintah Belanda antara lain; hak octrooi, hak monopoli pelayaran dan perdagangan, hak utk mengumumkan perang, serta hak utk mengadakan perdamaian.

Selanjutnya VOC berniat untuk memperbesar keuntungan dengan memperluas daerah jajahannya di kepulauan Nusantara, sehingga membuat para pribumi terpaksa untuk mengikuti peraturan yg dibawa dari Negeri Belanda tersebut. Hukum Disiplin yg berlaku bagi para pegawai VOC dan orang pribumi mengalami modifikasi oleh setiap Gubernur Belanda yg menjabat pada saat itu. Bahkan Gubernur Jendral Fieter Both juga memiliki wewenang untuk memutuskan perkara-perkara pidana dan perdata.

Setiap peraturan baru yg dibuat oleh VOC selalu diumumkan secara langsung ke publik, akan tetapi pengumuman-pengumuman tersebut tidak diarsipkan dgn baik, sehingga sulit utk diketahui mana pengumuman yg masih berlaku dan yg tdk berlaku lg. Hal inilah yg membuat VOC berniat utk mengumpulkan kembali pengumuman-pengumuman yg pernah ditempel dan menyusunnya secara teratur dan sistematis sehingga melahirkan suatu konstitusi atau dasar hukum yg disebut Statuta Batavia (1643) dan Statuta Batavia Baru (1766).

Statuta-statuta tersebut berlaku sebagai hukum positif, baik bagi orang-orang pribumi maupun orang pendatang, dan kekuatan berlakunya sama dengan peraturan-peraturan lain yg telah ada. Namun statuta-statuta tersebut belum disusun secara sistematis dan hanya merupakan kumpulan peraturan.

Dengan demikian, tata hukum yg berlaku pada masa VOC terdiri atas aturan-aturan yg berasal dr negeri Belanda dan aturan-aturan yg ditetapkan oleh Gubernur Jendral yg berkuasa di daerah kekuasaan VOC, serta aturan-aturan tidak tertulis dan tertulis yg berlaku bagi orang-orang pribumi. Dan setelah itu VOC pun dibubarkan aktivitasnya pada 31 Desember 1799 oleh pemerintah Belanda, sehingga secara otomatis Hukum yg berlaku sebelumnya sdh tdk berlaku lg.

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Demikianlah Hukum Yg Berlaku Di Indonesia pada Masa VOC dari tahun 1602 sampai 1799

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Hukum Yg Berlaku Di Indonesia pada Masa VOC dari tahun 1602 sampai 1799" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "PENGANTAR HUKUM INDONESIA - Sejarah dan Pokok-Pokok Hukum Indonesia" penulis. Prof. Dr. Hj. Neni Sri Imaniyati, S.H., M.H. dan Panji Adam, S.Sy., M.H., editor. Prof. H. Dikdik M. Sodik, S.H., M.H., Ph.D. dan Prof. Dr. Nandang Sambas, S.H., M.H., dan Dessy Marliani Listianingsih, Cetakan ke-2, Penerbit. Sinar Grafika, Jakarta, 2019. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Hukum Yg Berlaku Di Indonesia pada Masa VOC dari tahun 1602 sampai 1799" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

1 comment:

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih