Monday, December 11, 2017

Persiapan dan Sikap Pada Saat Sebelum Berpidato

Image Background provided by Facebook
Sebelum kita hendak menaiki mimbar dan berpidato di hadapan pendengar atau audience. Persiapan telah harus kita siapkan terlebih dahulu selagi masih berada di rumah. Dan hal pertama yg mesti kita pikirkan adalah mengenai baju atau seragam apa yg akan kita kenakan ketika hendak memberikan sambutan atau pidato di depan tamu acara atau hadirin yg hadir.

Pentingnya memilih pakaian yg tepat, merupakan aspek penting di dalam memenuhi persyaratan source attractiveness atau daya tarik sumber sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pidato yg berkesan dan membekas di hati para pendengarnya.

Contoh sederhana sebagai bentuk pengaplikasian aspek diatas yakni, dengan mengenakan gaun atau setelan jas pada acara yg bersifat formal atau resmi dan bertemakan pakaian ala barat, atau mengenakan kebaya dan batik pada acara yg bersifat lokal atau kedaerahan.

Tidak jarang kita temui situasi dimana kita tidak mengetahui dgn pasti, dress code atau pakaian apa yg harus kita kenakan yg sesuai dengan situasi atau tema yg diangkat. Oleh karna itu, pakaian safari merupakan pilihan yg tepat sebab tidak akan membawa kejanggalan serta cocok dalam situasi apapun.

Persiapan materi atau bahan pidato juga tidak luput sebagai faktor penting atau krusial di antara faktor lainnya. Namun dengan mengesampingkan materi pidato yg kita anggap sudah mantap. Selanjutnya kita beralih pada sikap sebelum menaiki mimbar dan mulai untuk berpidato.

Sikap yg merupakan perwujudan yg menggambarkan karakteristik seseorang, serta dapat memberikan kesan kepada orang lain atas kepribadian dan kredibilitas yg dimiliki oleh mimbarwan, dirasa penting dan perlu bagi seorang narasumber yg telah memiliki 'nama' diantara para hadirin yg ada. Adapun sikap yg dituntut disini, yakni berupa sikap simpatik, dimana sang mimbarwan harus bersikap ramah dan murah senyum serta tidak bermuka kecut dan selalu bersikap tenang. Dan sebelum berjalan ke mimbar, akan lebih baik jika sang mimbarwan memberikan hormat terlebih dahulu kepada para pejabat atau tokoh-tokoh penting yg tengah duduk di barisan kursi paling depan.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Persiapan dan Sikap Pada Saat Sebelum Berpidato" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Persiapan dan Sikap Pada Saat Sebelum Berpidato" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih