Monday, December 11, 2017

Makna Pembangunan Nasional Dikaji Dalam Buku "Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelima 1989/90 - 1993/94"

Image Background provided by Facebook
Penegasan makna tentang pembangunan nasional dapat dikaji melalui isi dari buku "Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelima 1989/90 - 1993/94" yg terdapat pada Bab 1 berjudul "Tujuan dan Sasaran-Sasaran Pokok Pembangunan". Adapun bunyinya sebagai berikut:
Pembangunan nasional yang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yg merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yg merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yg aman, tentram, tertib, dan dinamis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yg merdeka, bersahabat, tertib dan damai.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas dengan sebaik-baiknya disusun Pola Umum Pembangunan Jangka Panjang guna mengarahkan dan menyatukan langkah dalam pembinaan dan pembangunan bangsa. Sasaran utama Pembangunan Jangka Panjang adalah terciptanya landasan yg kuat bagi bangsa Indonesia untuk tumbuh dan berkembang atas kekuatannya sendiri menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
Pembangunan nasional mencakup upaya peningkatan semua segi kehidupan bangsa. Pelaksanaan pembangunan nasional merupakan pengamalan Pancasila dan hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Dari segi strategi pembangunan nasional, titik berat dalam Pembangunan Jangka Panjang adalah pembangunan ekonomi sedang pembangunan di bidang-bidang lainnya bersifat menunjang dan melengkapi bidang ekonomi. Pembangunan di luar bidang ekonomi dilaksanakan seirama dan serasi dengan kemajuan-kemajuan yg dicapai dalam bidang ekonomi. Dengan peningkatan hasil-hasil dalam bidang ekonomi, maka tersedialah sumber-sumber pembangunan yg lebih luas bagi peningkatan pembangunan di bidang-bidang sosial budaya, politik dan pertahanan keamanan nasional.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Makna Pembangunan Nasional Dikaji Dalam Buku "Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelima 1989/90 - 1993/94"" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Makna Pembangunan Nasional Dikaji Dalam Buku 
"Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelima 1989/90 - 1993/94"" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih