Saturday, December 21, 2019

Kerangka Operasional Atau Operational Framework Dari Komunikasi Pembangunan Menurut Jack Lyle

Image Background provided by Facebook
Di dalam pelaksanaan komunikasi pembangunan, yg terpenting ialah tujuan komunikasi itu sendiri dan tujuan pembangunan itu sendiri, harus selaras dan sesuai dalam pemaknaan dan pengaplikasian keduanya. Tujuan komunikasi yg berkaitan dan selaras dengan tujuan dari pembangunan adalah mengubah sikap, pendapat, dan perilaku yg terjadi pada masyarakat di lingkungannya secara nasional, makro, ataupun lokal.

Berikut adalah pendapat dari Jack Lyle mengenai kerangka operasional pembahasan tentang komunikasi pembangunan.

"Kita menganggap 'pembangunan' sebagai perubahan di dalam suatu masyarakat. Jadi, berdasarkan definisi ini, semua masyarakat adalah masyarakat yg sedang membangun. Untuk pembahasan sekarang ini, barangkali kita harus mengadakan pembatasan yg lebih jauh, bahwa yg kita maksudkan dengan 'pembangunan' adalah program-program yg berencana bagi perubahan yg sengaja diadakan. . . Akan tetapi, apabila kita menerima pengertian 'pembangunan' yg lebih terbatas ini, kita harus menaruh perhatian terhadap hal berikut ini. Program-program tunggal dari suatu perubahan tidak mungkin terpisahkan secara menyeluruh dari gambaran pembangunan yg lebih besar. Program-program tersebut akan menimbulkan 'efek sampingan'. Dalam rangka meningkatkan perilaku sosial yg baru, mungkin kita akan menghadapi nilai-nilai tradisional dan lebih banyak menimbulkan pertentangan daripada kesepakatan".

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Kerangka Operasional Atau Operational Framework Dari Komunikasi Pembangunan Menurut Jack Lyle" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Kerangka Operasional Atau Operational Framework 
Dari Komunikasi Pembangunan Menurut Jack Lyle" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih