Tuesday, July 25, 2017

Mengulik Tujuan Utama Strategi Komunikasi Menurut R. Wayne Pace dkk

Image Background provided by Facebook

Strategi Komunikasi merupakan sebuah panduan, petunjuk, pengaturan, dan perencanaan komunikasi agar dapat mencapai tujuan dan maksud yg telah ditetapkan. Adapun tujuan utama dari strategi komunikasi menurut ahli R. Wayne Pace dan kawan-kawan, dalam bukunya yg berjudul Techniques for Effective Communication adalah sebagai berikut:
  1. to secure understanding; yakni untuk saling menjaga keterpahaman masing-masing di antara komunikator dan komunikannya. Hal ini dimaksudkan agar bahwa selama proses komunikasi berlangsung diantara keduanya, tidak akan ada yg namanya kesalahpahaman dan kekeliruan di dalam mengartikan dan memaknai pesan atau informasi.
  2. to establish acceptance; yakni untuk saling menerima dan mengakui satu sama lain di antara komunikator dan komunikan. Hal ini dimaksudkan agar baik komunikator menerima balasan (feedback) secara terang dan jelas yg disampaikan oleh komunikan, dan komunikan pula menerima pesan atau informasi secara lugas dan tanggap yg dilayangkan oleh komunikator kepadanya serta berusaha agar tidak menerima penolakan dari salah satu pihak.
  3. to motivate action; yakni untuk memberikan dorongan atau motivasi dalam bertindak dan melakukan perintah yg diterima melalui pesan yg telah dikomunikasikan sebelumnya, agar segera dilaksanakan dan diwujudkan.
Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Mengulik Tujuan Utama Strategi Komunikasi Menurut R. Wayne Pace dkk" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Mengulik Tujuan Utama Strategi Komunikasi Menurut R. Wayne Pace dkk" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih