Saturday, December 28, 2019

Mengulas Debat Antara Ahli Komunikasi Dan Ahli Psikologi Mengenai Definisi Komunikasi Massa

Mengulas Debat Antara Ahli Komunikasi Dan Ahli Psikologi Mengenai Definisi Komunikasi Massa


Definisi komunikasi massa bukan hanya menarik perhatian para ahli di bidang komunikasi, tetapi juga memancing penalaran dari para ahli di bidang psikologi. Para ahli komunikasi secara singkat mendefinisikan komunikasi massa sebagai komunikasi yg memakai atau melalui media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, dan lain sebagainya. Tetapi hal ini langsung disanggah oleh para ahli psikologi, yg menerangkan bahwa komunikasi massa tidak selalu menggunakan media massa. Akan tetapi menurut para ahli psikologi, bahwasanya pidato dan orasi yg dilakukan di hadapan sejumlah orang banyak yg menunjukkan perilaku massa atau mass behavior dapat disebut sebagai komunikasi massa. 

Seorang ahli komunikasi bernama Joseph A. Devito dalam bukunya yg berjudul Communicology: An Introduction to the Study of Communication, mendefinisikan komunikasi massa adalah komunikasi yg dimediasi oleh transmiter suara atau gambar.

Melalui pembahasan di atas, kita dapat menganalisa dan menyimpulkan bahwa pidato dan orasi termasuk dalam komunikasi massa, asalkan memakai alat atau media sebagai transmiter suara berupa seperangkat sound system sehingga terdengar oleh seluruh audience-nya. Namun bukan hanya itu saja, pidato dan orasi juga memenuhi standar kualifikasi dari ciri-ciri komunikasi massa yakni komunikasinya berlangsung satu arah.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Mengulas Debat Antara Ahli Komunikasi Dan Ahli Psikologi Mengenai Definisi Komunikasi Massa" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Mengulas Debat Antara Ahli Komunikasi Dan Ahli Psikologi 
Mengenai Definisi Komunikasi Massa" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih