Sunday, July 16, 2017

Mempelajari Arti Kata Editing

Image Background provided by Facebook

Kata Editing berasal dari bahasa Inggris dengan kata dasarnya adalah edit yg berarti menyunting. Kata Edit kemudian telah disadur menjadi bahasa Indonesia seutuhnya dengan penambahan meng- menjadi mengedit, yg memiliki arti di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai 1) mempersiapkan naskah yg siap cetak atau siap terbit (dng memperhatikan terutama segi ejaan, diksi, dan struktur kalimat); menyunting; 2) merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah); 3) menyusun (film, pita rekaman) dng memotong dan memadukan kembali. Jadi kata editing bukan hanya dipakai sebagai istilah dalam mengedit buku tetapi juga dalam mengedit film, foto, naskah, dan lain sebagainya. 

Kegiatan mengedit dilakukan oleh seseorang yg disebut sebagai editor. Pada umumnya kegiatan mengedit yg dalam hal ini mengedit buku atau suatu naskah dan semacamnya, hal yg pertama kali harus dilakukan adalah membaca dengan seksama dan teliti, guna memperhatikan kesalahan kata dan penulisan. Dan tidak hanya itu saja, salah satu tugas editorpun adalah dengan mengganti, mengurangi, atau menambahkan tulisan yg telah dibuat oleh penulis agar membuatnya lebih menarik lagi untuk dibaca. 

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Mempelajari Arti Kata Editing" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Mempelajari Arti Kata Editing" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih