Sunday, July 23, 2017

Memahami Pengertian Dari Makna Denotatif dan Makna Konotatif

Image Background provided by Facebook

Pada setiap kata di dalam suatu bahasa, terkadang memiliki lebih dari satu arti. Namun bukan hanya itu saja, di dalam suatu kata yg hanya memiliki satu arti dapat memiliki beberapa pemaknaan yg berbeda-beda. Dalam hal ini kita mengenal yg namanya makna denotatif dan makna konotatif. Dimana makna denotatif merupakan makna yg mengandung arti sebagaimana tercantum dalam kamus dan diterima secara umum oleh kebanyakan orang yg memiliki persamaan bahasa dan budaya.

Sedangkan untuk makna konotatif merupakan makna khusus atau tambahan yg memiliki arti yg berbeda-beda bagi tiap individu, kelompok, organisasi, bangsa maupun negara yg bergantung pada emosional, situasi, dan penilaiannya sehingga menciptakan pemaknaan yg berbeda dari makna denotatifnya. Makna konotatifpun selalu menimbulkan perbedaan pendapat ataupun anggapan di antara individu-individu atau kelompok-kelompok, yg memperdebatkan sesuatu hal yg mereka anggap perlu untuk ditentukan atau diputuskan mengenai arti dan makna sesungguhnya yg harus dikenakan oleh kata tersebut.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Memahami Pengertian Dari Makna Denotatif dan Makna Konotatif" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Memahami Pengertian Dari Makna Denotatif dan Makna Konotatif" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih