Thursday, July 27, 2017

Kisah Menarik Abraham Lincoln Sebagai Orator Ternama

Image Background provided by Facebook

Abraham Lincoln, merupakan seorang politikus dan pengacara yg juga menjadi presiden Amerika Serikat ke-16. Ia juga merupakan seorang yg ahli bicara dan orator ulung yg dapat membuat terkesan para audience-nya.

Dari sekian banyak pidato yg ditampilkan oleh Abraham Lincoln yg memiliki pengaruh atau dampak paling besar adalah pidatonya yg bersikeras untuk menghapuskan undang-undang perbudakan di negaranya, dimana ia mengatakan bahwa "[The] Institution of slavery is founded on both injustice and bad policy, but the promulgation of abolition doctrines tends rather to increase than abate its evil" yg di artikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "Undang-undang perbudakan didasari baik atas ketidakadilan maupun kebijakan yg buruk, akan tetapi doktrin-doktrin terhadap perundangan-undangan penghapusan perbudakan cenderung meningkat daripada mengurangi kejahatannya itu sendiri".

Jauh sebelum itu, Abraham Lincoln juga telah beberapa kali melakukan pidato dalam rangka mengikuti pemilihan anggota dewan kota Illinois untuk yg pertama kalinya pada bulan Maret 1832. Namun sayang disayangkan ia masih belum berhasil dan mengalami kekalahan, dikarenakan kurang dalam hal pendidikan, uang, dan teman atau kenalan yg berpengaruh atau berkuasa.

Dan masih pada tahun yg sama yakni tepatnya pada tanggal 6 bulan Agustus, ia juga masih mengalami kekalahan namun bukan karna hal yg serupa seperti sebelumnya, melainkan adanya gangguan atau lebih tepatnya serangan terhadap pendukung dari Abraham Lincoln ketika beliau sedang memberikan pidatonya, sehingga membuat ia meladeni sendiri gangguan dari pelaku tersebut dan melemparnya. 

Pada akhirnya iapun memutuskan untuk lebih belajar lagi terlebih pada bidang hukum, yg pada akhirnya membawa ia sukses pada pemilihan suara di tahun 1834 dan terus menitih karirnya sebagai politikus sekaligus pengacara yg membuatnya meraih banyak hal dan akhirnya dapat menjadi presiden Amerika Serikat ke-16 yg terus dikenang oleh rakyatnya bahkan oleh seluruh dunia.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Kisah Menarik Abraham Lincoln Sebagai Orator Ternama" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Kisah Menarik Abraham Lincoln Sebagai Orator Ternama" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih