Wednesday, July 26, 2017

Kenali Dan Pahami Arti Retorika

Image Background provided by Facebook

Penggunaan dan pengaplikasian kata retorika telah ada bahkan sejak zaman yunani kuno, dimana retorika sering ditampilkan dalam orasi-orasi yg dilakukan di yunani kuno yg juga menjadi cikal bakal lahirnya sistem demokrasi. 

Kata Retorika itu sendiri di dalam bahasa inggris menjadi rhetoric memiliki arti, suatu seni di dalam menulis ataupun berbicara yg efektif dan persuasif (membujuk), biasanya digunakan pada pidato, orasi dan lain sebagainya, dimana bahasa yg digunakan dapat meninggalkan efek kesan yg luar biasa, tetapi sering kali memiliki kekurangan dalam segi makna dan pesan moril yg terkandung di dalamnya.

Sebuah pidato atau orasi yg bersifat retorik, jelas lebih mengedepankan pada aspek persuasif dan memberi kesan yg luar biasa dan mendalam pada para audience-nya, sehingga dapat memicu pergolakan emosi bagi setiap orang yg menyaksikan. Namun bagi seorang komunikator atau orator yg baik, harusnya lebih mengedepankan logika yg didukung dengan berbagai fakta, dan bukan sebaliknya menampilkan perkataan-perkataan yg membual dan hanya sekedar karangan semata. Sehingga pidato atau orasi yg ditampilkan dapat lebih berbobot dan patut untuk didengarkan.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Kenali Dan Pahami Arti Retorika" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Kenali Dan Pahami Arti Retorika" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih