Tuesday, July 25, 2017

Fungsi Dan Kegunaan Komunikasi Secara Umum Menurut Sean MacBride dkk

Image Background provided by Facebook

Sean MacBride dan kawan-kawan di dalam bukunya yg berjudul Many Voices One World, mengemukakan beberapa fungsi dan kegunaan komunikasi secara umum, antara lain sebagai berikut:
  1. Information, sebagai pengumpulan, pemrosesan, dan penyebaran informasi dan pesan yg dapat berupa berita, data, gambar, fakta, opini, pengumuman dan peringatan yg mengindikasikan atau menggambarkan kondisi lingkungan baik secara sempit atau luas sehingga para audience-nya dapat mengambil keputusan yg tepat.
  2. Socialize, sebagai cara untuk memperkokoh jiwa sosial dan solidaritas di lingkungan masyarakat, sehingga setiap anggota masyarakat ikut aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan.
  3. Motivation, sebagai pendorong dan pembangkit motivasi kepada individu atau kelompok agar menjadi lebih aktif dan produktif, sehingga dapat menyiapkan diri untuk menjadi pribadi yg kompetitif.
  4. Debate & Discussion, sebagai sarana atau media di dalam bertukar pikiran, baik fakta maupun opini sehingga menghasilkan kesimpulan yg disepakati secara bersama-sama atau hanya sekedar ajang untuk mengulas dan mengkritik sesuatu hal atau masalah tertentu.
  5. Education; sebagai media atau penghubung di dalam menyampaikan ilmu pengetahuan agar lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh target atau sasaran yg dimaksud, serta demi penyebarluasan knowledge secara merata di seluruh wilayah bahkan sampai ke daerah pelosok atau terpencil.
  6. Culturization; sebagai pelestarian dan perkembangan kebudayaan demi memperkenalkan ataupun mengajarkan budaya sosial setempat kepada penduduk lokal maupun nonlokal.
  7. Entertainment; sebagai alat atau sarana penghibur yang menarik minat, ketertarikan, rasa penasaran, maupun hanya sebagai pengisi waktu luang dan cara untuk merelaksasikan dan memanjakan diri.
  8. Integration; sebagai pembaruan, penyatuan, dan pemersatu di antara kalangan individu, kelompok, organisasi, wilayah, maupun bangsa dan bernegara.
Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Fungsi Dan Kegunaan Komunikasi Secara Umum Menurut Sean MacBride dkk" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "ILMU KOMUNIKASI - Teori dan Praktek" penulis. Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., editor. Tjun Surjaman, Cetakan ke-21, Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini


*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Fungsi Dan Kegunaan Komunikasi Secara Umum Menurut Sean MacBride dkk" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih