Friday, July 14, 2017

Cara Sederhana Membuat Tulisan Jadi Menarik

Image Background provided by Facebook

Sebuah tulisan yg menarik bukan hanya dilihat dari keunikan judul dan konten yg dimiliki. Akan tetapi tulisan yg sederhana dan terbilang datarpun, dapat diubah menjadi terlihat menarik dengan beberapa cara yg terbilang cukup sederhana dan gampang untuk diikuti.

Cara pertama yg dapat dengan mudah diaplikasikan adalah dengan mengubah setiap penomoran dan penjumlahan angka ke dalam bentuk huruf dan bukan bilangan. Misalnya kalimat "budi mendapat juara 1 di kelas" diubah menjadi "budi mendapat juara satu di kelas"

Cara kedua yakni, dengan tidak melakukan penyingkatan kata-kata yg sering dipakai atau didengar oleh umum. Tetapi harus menuliskan kepanjangannya secara lengkap, namun boleh juga untuk menambahkan singkatannya di akhir kalimatnya agar terlihat semakin menarik.

Untuk cara yg terakhir adalah dengan tidak menggunakan bahasa tutur berupa bahasa gaul atau bahasa jalanan, tetapi menggunakan bahasa tulis berupa bahasa literer yg berasal dari kamus-kamus dan ensiklopedi. Namun dalam hal penggunaan bahasa istilah dan semacamnya, boleh dimasukkan tetapi harus mengenakan tanda kutip dan catatan kaki kecil dibawah yg menjelaskan makna dari istilah tersebut.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel "Cara Sederhana Membuat Tulisan Jadi Menarik" ini.
Salam...

Sumber Referensi & Inspirasi:
Buku berjudul "Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani" penulis. Naning Pranoto, dkk, editor. Sides Sudyarto DS, Cetakan Pertama, Penerbit. PERHUTANI, Jakarta, 2013. Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang.

Artikel Terkait:
Baca Juga:
Lihat Semua Artikel Disini

*Mohon Maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan pada artikel
"Cara Sederhana Membuat Tulisan Jadi Menarik" ini.
Dan Jangan Lupa Juga Untuk Memberi Tanggapan dan Komentar Anda Dibawah Ini.
---"TERIMA KASIH"---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Bebas Memasukkan Saran dan Kritik Anda. Terima Kasih